Sifat Bayangan Pada Cermin Datar, Cekung Dan Cembung Dengan Gambar

Cahaya yaitu suatu gelombang elektromagnetik atau partikel foton yang dipancarkan oleh benda-benda yang bisa bersinar menyerupai matahari dan lampu listrik sehingga memungkinkan mata kita menangkap bayangan benda-benda yang berada di sekitar benda bersinar tersebut.
Cahaya yaitu suatu gelombang elektromagnetik atau partikel foton yang dipancarkan oleh be Sifat Bayangan Pada Cermin Datar, Cekung dan Cembung Dengan Gambar
Cahaya mempunyai beberapa sifat, di antaranya yaitu sanggup dipantulkan (refleksi). Benda-benda yang sanggup memantulkan cahaya merupakan benda yang mempunyai permukaan mengkilap menyerupai cermin. Berdasarkan bentuk permukaannya, cermin dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu cermin datar, cekung dan cembung.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sifat-sifat bayangan yang dibuat oleh cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung pada proses pemantulan cahaya. Untuk itu, silahkan kalian simak baik-baik klarifikasi berikut ini. Selamat membaca dan berguru biar bisa paham.
Bagaimana Sifat Bayangan yang Dibentuk oleh Cermin Datar?
Cermin yaitu keping beling yang salah satu permukaannya sangat halus dan di bab belakangnya berangasan berlapis emulgram perak atau lapisan logam tipis mengkilap, sehingga tidak tembus cahaya serta bab permukaan halusnya sanggup memantulkan semua berkas cahaya yang datang.

Suatu cermin yang permukaan pantulnya berupa bidang datar disebut dengan cermin datar. Untuk mengetahui sifat-sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar, kalian harus tahu bagaimana menggambarkan proses pembentukan bayangannya, yaitu sebagai berikut.
Melukis Pembentukan Bayangan Cermin Datar
Berikut ini gambar dan proses atau langkah-langkah melukis bayangan titik pada cermin datar.
Cahaya yaitu suatu gelombang elektromagnetik atau partikel foton yang dipancarkan oleh be Sifat Bayangan Pada Cermin Datar, Cekung dan Cembung Dengan Gambar
Langkah #1, tentukan jarak titik contohnya titik A dari cermin (S) yang digambarkan dalam bentuk garis hitam putus-putus. Kemudian, gambar sebuah titik dengan jarak yang sama dan letakkan di belakang cermin datar. Jarak ini kita sebut dengan jarak bayangan (S).
Langkah #2, gambarlah dua berkas sinar tiba sembarang ke permukaan cermin. Dengan memakai Hukum Snellius, gambar sinar pantul masing-masing berkas sinar tiba tersebut. Dari gambar di atas, sudut tiba dan sudut pantul sinar 1 yaitu α, sedangkan sudut tiba dan sudut pantul sinar 2 yaitu β.
Langkah #3, tarik garis perpanjangan sinar pantul 1 dan 2 yang berupa garis putus-putus sehingga kedua garis tersebut berpotongan di satu titik yaitu di titik A. Nah, titik A ini merupakan bayangan dari titik A.

Dari langkah-langkah di atas, kita ketahui bahwa bayangan titik yang terbentuk yaitu hasil perpotongan perpanjangan sinar-sinar pantul. Oleh alasannya itu, sifat bayangan titik tersebut yaitu maya atau semu dengan jarak ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin.

Sifat Bayangan Cermin Datar
Berdasarkan proses pembentukan bayangan benda pada cermin datar, sanggup disimpulkan bahwa sifat-sifat bayangan benda yang dibuat oleh cermin datar yaitu sebagai berikut.
 Bersifat semu (maya), alasannya bayangan yang terbentuk berada di belakang cermin. Bayangan maya yaitu bayangan yang terjadi alasannya pertemuan perpanjangan sinar-sinar cahaya, sedangkan bayangan positif yaitu bayangan yang terjadi alasannya pertemuan pribadi sinar-sinar cahaya (bukan perpanjangannya).
 Tegak dan menghadap ke arah yang berlawanan terhadap cermin (berkebalikan).
 Ukuran bayangan sama dengan ukuran benda.
 Tinggi benda sama dengan tinggi bayangan.
 Jarak benda terhadap cermin sama dengan jarak bayangan terhadap cermin.

Bagaimana Sifat Bayangan yang Dibentuk oleh Cermin Cekung?
Cermin cekung (konkaf) yaitu cermin lengkung yang bab dalamnya sanggup memantulkan cahaya. Cermin cekung disebut juga cermin positif atau cermin konvergen, alasannya sifat cermin cekung yang mengumpulkan atau memusatkan sinar yang jatuh padanya.

Untuk mengetahui sifat-sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung, kalian harus tahu bagaimana menggambarkan proses pembentukan bayangannya, yaitu sebagai berikut.

Melukis Pembentukan Bayangan Cermin Cekung

Untuk menggambarkan proses pembentukan bayangan pada cermin cekung, kita cukup memakai dua dari ketiga berkas sinar istimewa cermin cekung. Langkah-langkah yang sanggup kalian gunakan untuk mencari bayangan pada cermin cekung yaitu sebagai berikut.
Cahaya yaitu suatu gelombang elektromagnetik atau partikel foton yang dipancarkan oleh be Sifat Bayangan Pada Cermin Datar, Cekung dan Cembung Dengan Gambar
Langkah #1, gambarkan cermin cekung lengkap dengan bagian-bagiannya serta sebuah garis, contohnya garis AB. Garis AB digambar untuk melambangkan tinggi benda. Adapun garis AB tidak perlu terlalu tinggi. Kemudian letakkan garis tersebut di depan cermin cekung.
Langkah #2, gambarkan sinar istimewa ke-1. Kalian bebas menentukan sinar istimewa yang mana. Sebagai contoh, kita pakai sinar istimewa yang pertama yaitu sinar tiba sejajar sumbu utama dipantulkan melalui titik fokus. Letakkan pangkal sinar tiba di titik B.
Langkah #3, gambarkan sinar istimewa ke-2. Kalian bisa menentukan dua sinar istimewa yang tersisa. Sebagai contoh, kita gunakan sinar istimewa yang kedua yaitu sinar tiba melalui titik fokus dipantulkan sejajar sumbu utama. Letakkan pangkal sinar tiba di titik B.
Langkah #4, titik yang merupakan perpotongan antara sinar pantul-1 dan sinar pantul-2 diberi nama B. Titik ini merupakan bayangan dari titik B. Kemudian garis tegak lurus sumbu utama ditarik dari titik B ke arah sumbu utama. Titik ini diberi nama A yang merupakan bayangan dari titik A sehingga AB merupakan bayangan dari garis AB.

Sampai tahap ini kita sudah simpulan menggambarkan bayangan garis AB. Satu hal yang perlu kalian ingat, jikalau benda atau objek berada di ruang I cermin cekung yaitu diantara titik O dan F, maka bayangan benda akan berada di belakang cermin dan terbentuk dari perpotongan perpanjangan sinar-sinar pantul sehingga bayangan bersifat maya.

Sifat Bayangan Cermin Cekung
Berdasarkan salah satu tumpuan proses pembentukan bayangan benda pada cermin cekung di atas, maka sifat-sifat bayangan yang terbentuk dikala benda berada di ruang I, titik fokus, ruang II, sentra kelengkungan cermin dan di ruang III cermin cekung yaitu sebagai berikut.
Tabel Posisi Benda, Sifat Bayangan dan Letak Bayangan pada Cermin Cekung
No
Posisi Benda
Sifat Bayangan
Letak Bayangan
1
Ruang I
Maya, tegak, diperbesar
Di belakang cermin
2
Titik Fokus
Maya, tegak, diperbesar
Di belakang cermin
3
Ruang II
Nyata, terbalik, diperbesar
Di depan cermin
4
Pusat Kelengkungan
Nyata, terbalik, sama besar
Di depan cermin
5
Ruang III
Nyata, terbalik, diperkecil
Di depan cermin

Bagaimana Sifat Bayangan yang Dibentuk oleh Cermin Cembung?
Cermin cembung (konveks) yaitu cermin lengkung yang bab luarnya sanggup memantulkan cahaya. Cermin cembung disebut juga cermin negatif dan cermin divergen, alasannya cermin cekung membuatkan sinar cahaya yang jatuh pada permukaannya.

Untuk mengetahui sifat-sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cembung, kalian harus tahu bagaimana menggambarkan proses pembentukan bayangannya, yaitu sebagai berikut.
Melukis Pembentukan Bayangan Cermin Cembung
Untuk menggambarkan proses pembentukan bayangan pada cermin cembung, kita cukup memakai dua dari ketiga berkas sinar istimewa cermin cembung. Langkah-langkah yang sanggup kalian gunakan untuk menggambar bayangan pada cermin cembung yaitu sebagai berikut.
Cahaya yaitu suatu gelombang elektromagnetik atau partikel foton yang dipancarkan oleh be Sifat Bayangan Pada Cermin Datar, Cekung dan Cembung Dengan Gambar
Langkah #1, gambarkan cermin cembung lengkap dengan bagian-bagiannya serta sebuah garis, contohnya garis AB. Garis AB digambar untuk melambangkan tinggi benda. Adapun garis AB tidak perlu terlalu tinggi. Kemudian letakkan garis tersebut di depan cermin cembung.
Langkah #2, gambarkan sinar istimewa ke-1. Kalian bebas menentukan sinar istimewa yang mana. Sebagai contoh, kita pakai sinar istimewa yang pertama yaitu sinar tiba sejajar sumbu utama dipantulkan seolah berasal dari titik fokus. Letakkan pangkal sinar tiba di titik B kemudian tarik garis perpanjangan sinar pantul menuju titik fokus (garis putus-putus).
Langkah #3, gambarkan sinar istimewa ke-2. Kalian bisa menentukan dua sinar istimewa yang tersisa. Sebagai contoh, kita gunakan sinar istimewa yang ketiga yaitu sinar tiba menuju ke titik sentra kelengkungan dipantulkan kembali seakan-akan berasal dari titik sentra kelengkungan tersebut. Letakkan pangkal sinar tiba di titik B kemudian tarik garis perpanjangan sinar datang/sinar pantul menuju titik sentra kelengkungan cermin (garis putus-putus).
Langkah #4, titik yang merupakan perpotongan antara sinar pantul-1 dan sinar pantul-2 diberi nama B. Titik ini merupakan bayangan dari titik B. Kemudian garis tegak lurus sumbu utama ditarik dari titik B ke arah sumbu utama. Titik ini diberi nama A yang merupakan bayangan dari titik A sehingga AB merupakan bayangan dari garis AB.

Selesai. Sampai tahap ini kita sudah berhasil melukiskan bayangan dari garis AB yang dibuat oleh cermin cembung. Dari gambar bayangan yang diperoleh sanggup kita simpulkan bahwa sifat bayangan yang dibuat oleh cermin cembung yaitu maya, tegak dan diperkecil. Letak bayangan objek juga selalu berada di antara titik O dan F.

Berbeda dengan cermin cekung di mana sifat bayangan selalu berbeda dikala letak benda berubah, pada cermin cembung, letak benda tidak mempengaruhi sifat bayangan. Jadi, mau akrab atau jauh jarak benda terhadap cermin cembung, sifat bayangan yang dihasilkan akan selalu sama.

Sifat Bayangan Cermin Cembung
Berdasarkan proses pembentukan bayangan benda pada cermin cembung, sanggup disimpulkan bahwa sifat-sifat bayangan benda yang dibuat oleh cermin cembung yaitu sebagai berikut.
 Maya.
 Tegak.
 Diperkecil.
 Terletak di belakang cermin, yaitu di antara titik sentra optik (O) dan titik fokus (F).
 Jarak bayangan lebih kecil dari jarak benda (s < s).
 Jarak bayangan selalu berharga negatif (s = ).

Tidak ada komentar untuk "Sifat Bayangan Pada Cermin Datar, Cekung Dan Cembung Dengan Gambar"