Rumus Panjang Minimum Cermin Semoga Seluruh Badan Terlihat

Bercermin merupakan salah satu acara yang tidak pernah lepas dari kehidupan insan terutama bagi para kaum hawa. Cermin merupakan alat optik yang digunakan untuk melihat wajah dan bab tubuh seseorang. Tanpa adanya cermin, kita tidak akan sanggup melihat bentuk wajah kita sendiri bukan? Tentunya sebelum ditemukannya kamera digital. Coba kalian amati gambar di bawah ini.

Bercermin merupakan salah satu acara yang tidak pernah lepas dari kehidupan insan te Rumus Panjang Minimum Cermin Agar Seluruh Tubuh Terlihat
Pada gambar di atas, seorang perempuan sedang melihat gaya busana yang dipakainya memakai cermin datar lebar dan panjang. Yang menjadi pertanyaannya adalah, kenapa perempuan tersebut memakai cermin yang lebar dan panjang? Iya, alasannya kalau memakai cermin yang kecil kita tidak akan sanggup melihat bab tubuh secara keseluruhan. Maksimal kita hanya sanggup melihat bab wajah kita saja tanpa menggeser cermin tersebut.

Lalu tahukan kalian berapa panjang minimum cermin semoga seluruh tubuh kita sanggup terlihat? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana cara mendapat rumus untuk memilih panjang minimum cermin semoga seseorang sanggup melihat seluruh tubuhnya. Silahkan kalian simak baik-baik klarifikasi berikut ini. Selamat belajar.

Rumus Panjang Minimum Cermin

Untuk memilih panjang minimum cermin semoga seluruh tubuh tampak, kita sanggup melaksanakan analisis pembentukan bayangan pada cermin datar. Namun sebelum itu, kita bahas sedikit mengenai Hukum Snellius pada pemantulan cahaya berikut ini.
Hukum Snellius:
 Sinar datang, garis normal dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar.
 Sudut tiba sama dengan sudut pantul.
 Sinar tiba tegak lurus cermin akan dipantulkan kembali.
Sekarang coba kalian cermati gambar ilustrasi pembentukan bayangan pada cermin datar berikut ini.
Bercermin merupakan salah satu acara yang tidak pernah lepas dari kehidupan insan te Rumus Panjang Minimum Cermin Agar Seluruh Tubuh Terlihat
Pembentukan bayangan objek (manusia) pada cermin datar, diperlihatkan pada gambar di atas. Agar seluruh tubuh terlihat, maka sinar tiba harus berasal dari ujung kaki dan ujung kepala lalu dipantulkan ke mata. Dari gambar di atas, mula-mula sinar 1 dari ujung kaki tiba menuju permukaan cermin dan dipantulkan ke mata. Lalu, sinar 2 tiba dari ujung kepala menuju permukaan cermin dan dipantulkan ke mata. Hasil perpanjangan sinar pantul 1 dan sinar pantul 2 menghasilkan bayangan yang bersifat maya.

Untuk mengetahui berapa panjang cermin yang diharapkan semoga seluruh tubuh terlihat, kita harus menganalisis secara geometri bangun-bangun datar yang terbentuk hasil perambatan sinar-sinar tiba dan sinar pantul di atas. Oleh alasannya itu, gambar di atas sanggup kita buat secara lebih sederhana ibarat yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Bercermin merupakan salah satu acara yang tidak pernah lepas dari kehidupan insan te Rumus Panjang Minimum Cermin Agar Seluruh Tubuh Terlihat
Dari gambar di atas, AB yakni tinggi insan sedangkan A”B” yakni tinggi bayangannya pada cermin datar. Sementara itu, AB adalah panjang minimum cermin yang diharapkan semoga seluruh tubuh terlihat. Berdasarkan Hukum Snellius, sudut tiba harus sama dengan sudut pantul, maka
BBO = OBE
Akibatnya BBE merupakan segitiga sama kaki, sehingga:
BO = OE = ½ BE
Karena OE = BE maka
BE = ½ BE ………. Pers. (1)
Dengan cara yang sama, kita peroleh:
AE = ½ AE ………. Pers. (2)
Kemudian kita jumlahkan persamaan (1) dengan persamaan (2)
BE + AE = ½ BE + ½ AE
AB = ½ (BE + AE)
AB = ½ AB
Karena AB adalah panjang minimum cermin sedangkan AB yakni tinggi manusia, maka rumus untuk memilih panjang minimum cermin yang diharapkan semoga seseorang sanggup melihat seluruh tubuhnya yakni sebagai berikut.
Panjang Cermin Minimum
=
1
× tinggi badan
2

Contoh Soal dan Pembahasan
Hitunglah panjang minimum suatu cermin yang diharapkan semoga seorang penari adab yang tinggi badannya 160 cm sanggup melihat seluruh tubuhnya.
Jawab:
Panjang minimum cermin yang diharapkan yakni setengah kali tinggi tubuh seseorang, sehingga:
Panjang cermin minimum = ½ × tinggi badan
Panjang cermin minimum = ½ × (160 cm)
Panjang cermin minimum = 80 cm
Jadi, penari adab tersebut sanggup melihat seluruh tubuhnya apabila berdiri di depan cermin datar yang panjangnya 80 cm.

Demikianlah artikel wacana cara memilih rumus untuk menghitung panjang minimum cermin semoga seseorang sanggup melihat seluruh tubuhnya beserta teladan soal dan pembahasan lengkap. Semoga sanggup bermanfaat untuk Anda. Apabila terdapat kesalahan tanda, simbol, aksara maupun angka dalam perhitungan mohon dimaklumi. Terimakasih atas kunjungannya dan hingga jumpa di artikel berikutnya.

Tidak ada komentar untuk "Rumus Panjang Minimum Cermin Semoga Seluruh Badan Terlihat"